PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER SETIAWAN ADE TERHADAP MINAT BELI PARFUM YANG DI REVIEW (Survei Kepada Akun Youtube @Set1awanade)

RIADY, DERRIL (2025) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER SETIAWAN ADE TERHADAP MINAT BELI PARFUM YANG DI REVIEW (Survei Kepada Akun Youtube @Set1awanade). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan media sosial, khususnya YouTube, telah menjadikan influencer sebagai salah satu faktor penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kredibilitas influencer, yang terdiri atas keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik, diyakini mampu membentuk minat beli audiens terhadap produk yang direview. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas influencer Setiawan Ade terhadap minat beli parfum yang ia ulas melalui akun YouTube @Set1awanade. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme melalui teknik survei. Sampel penelitian sebanyak 400 responden ditentukan dengan rumus Slovin dari populasi 1.160.000 subscriber, menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert lima poin, yang diuji validitas dan
reliabilitasnya sebelum dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kredibilitas influencer Setiawan Ade berpengaruh signifikan terhadap minat beli parfum dengan kontribusi yang kuat, mencakup dimensi transaksional, referensial, preferensial, dan eksploratif. Temuan ini menegaskan bahwa kredibilitas influencer merupakan determinan penting dalam membangun kepercayaan audiens dan mendorong perilaku konsumtif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan kajian komunikasi pemasaran digital, sekaligus manfaat praktis bagi influencer dan brand dalam menyusun strategi promosi berbasis kredibilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitria Nur Indah Hasanah
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:52
Last Modified: 13 Nov 2025 02:52
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item