PERKEMBANGAN LOGO KLUB SEPAK BOLA J-LEAGUE SEBAGAI REPRESENTASI CULTURAL BRANDING DAN IDENTITAS KLUB

Kelvianto, Muhammad Arsya (2025) PERKEMBANGAN LOGO KLUB SEPAK BOLA J-LEAGUE SEBAGAI REPRESENTASI CULTURAL BRANDING DAN IDENTITAS KLUB. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini membahas perkembangan logo klub sepak bola J.League sebagarepresentasi cultural branding dan identitas klub. Logo dipahami tidak hanyasebagai simbol visual, melainkan juga media untuk menyampaikan nilai, sejarah,dan kebanggaan komunitas. Ketertarikan penulis terhadap topik ini muncul darikeunikan desain logo klub J.League yang tidak hanya sekadar estetika, tetapi jugasarat makna budaya lokal, simbol kota, serta filosofi yang membedakan setiap klub.Dari 22 klub anggota J.League, penelitian ini berfokus pada sepuluh klub utamaUrawa Red Diamonds, Kashima Antlers, Gamba Osaka, FC Tokyo, SanfrecceHiroshima, Yokohama F. Marinos, Shimizu S-Pulse, Nagoya Grampus, CerezoOsaka, dan Consadole Sapporo karena dianggap memiliki evolusi logo yang palingsignifikan, bersejarah, dan menonjol dalam representasi budaya maupun strategi
branding visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evolusi logo
klub J.League merespons perubahan tren desain serta dinamika budaya, sertabagaimana logo memperkuat citra dan ikatan emosional dengan penggemarDengan metode deskriptif kualitatif berbasis studi kepustakaan, hasil penelitian
menunjukkan bahwa transformasi logo klub tidak hanya bertujuan memperbaruitampilan visual, tetapi juga mencerminkan identitas budaya lokal seperti maskotwilayah setempat, menjaga warisan historis, serta menegaskan aspirasi global.
Evolusi logo menjadi strategi penting bagi klub untuk memperkuat brand sekaligusmenjaga hubungan emosional dengan pendukungnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Irna Irna Yunita
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:57
Last Modified: 10 Nov 2025 04:57
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14372

Actions (login required)

View Item View Item