CAMPUR KODE PADA 7 VIDEO DALAM KANAL YOUTUBE KAWAII INDONESIA

Pangestu, Yudho (2025) CAMPUR KODE PADA 7 VIDEO DALAM KANAL YOUTUBE KAWAII INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (612kB)

Abstract

Beberapa masyarakat bilingual saat bertutur kata dapat mengucapkan satu sampai dua
bahasa yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjabarkan
bentuk dan faktor campur kode pada 7 video tersebut. Metode penelitian yang
digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif, teori bentuk dan faktor
campur kode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan
oleh Suandi. Berdasarkan analisis dan pembahasan mengenai campur kode
ditemukan berjumlah 24 campur kode, dengan 21 berbentuk campur kode keluar
dan 3 campur kode campuran. Faktor yang menyebabkan terjadinya 24 campur
kode adalah keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer,
penutur dan pribadi penutur, mitra tutur, fungsi dan tujuan, dan topik. Ragam bahasa
yang digunakan oleh para penutur dalam beberapa video kanal youtube Kawaii
Indonesia adalah bahasa Indonesia, bahasa Jepang, dan bahasa Inggris serta
tingkatan tuturan bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang mudah
untuk diucapkan karena itu banyak ditemukan data campur kode pada 7 video
tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Irna Irna Yunita
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:41
Last Modified: 10 Nov 2025 04:41
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item