Rahmawati, Halimah Nur (2025) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN CASE MANAGER TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KUALITAS PELAYANAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN TAHUN 2025. Masters thesis, Universitas Nasional.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (737kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (714kB) |
|
|
Text
BAB lV.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (385kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (153MB) |
Abstract
Sistem Peradilan Pidana yang tidak saja berorientasi perlindungan bagi pelaku
(tersangka/ terdakwa) tetapi juga berorientasi kepada perlindungan /kepentingan pihak korban
maupun saksi. Perlindungan adalah segala upaya pemenuhan hak dan pemberian bantuan
untuk memberikan rasa aman kepada Saksi dan/atau Korban yang wajib dilaksanakan oleh
LPSK atau lembaga lainnya sesuai dengan ketentuan Undang – Undang. Lembaga
Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memiliki peran strategis dalam memberikan
perlindungan hukum bagi saksi dan korban, terutama dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan
pelanggaran hukum serius. Dalam pelaksanaan tugasnya, kualitas pelayanan perlindungan
menjadi salah satu indikator utama keberhasilan lembaga ini. Tingginya ekspektasi masyarakat
terhadap perlindungan yang efektif dan responsif memerlukan pendekatan yang komprehensif,
termasuk peningkatan kompetensi dan komitmen para case manager sebagai aktor kunci dalam
pelaksanaan perlindungan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan alat Structural Equation Modeling dengan software smartPLS 4. PLS-SEM.
dengan ditambahkan variabel eksternal yakni kualitas pelayanan sebagai variabel moderasi.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Lembaga Perlindungan
Saksi dan Korban yang menjadi case manager dalam penanganan kasus. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh metode pengambilan sampel dari setiap
anggota populasi. Pengumpulan sampel dengan menggunakan kuesioner melalui google form
yang dikirimkan secara online. Jumlah responden yang diperoleh terdapat 375 responden.
Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation
Modeling (SEM), dengan menggunakan bantuan software SmartPLS v.3.2.9 melalui analisis
jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompetensi dan komitmen case manager
berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dan kualitas pelayanan. Semakin tinggi
kompetensi dan komitmen, maka kinerja pegawai dan kualitas pelayanan akan semakin baik.
Selain itu, kinerja pegawai juga menjadi penghubung penting yang memediasi pengaruh
kompetensi dan komitmen terhadap kualitas pelayanan. Dengan kata lain, peningkatan
kompetensi dan komitmen meningkatkan kinerja pegawai, yang pada akhirnya meningkatkan
kualitas pelayanan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Tesis dan Disertasi > Sekolah Pasca Sarjana > Program Studi S2 Ilmu Administrasi |
| Depositing User: | Fitria Nur Indah Hasanah |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:45 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:45 |
| URI: | https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
