PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2024

Laila, Sitta Nur (2025) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika implementasi kebijakan
sistem zonasi tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh
SMP Negeri 1 Cibinong, yang dapat ditinjau melalui dimensi Komunikasi, Sumber
Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Tujuan dari kebijakan sistem zonasi ini adalah
untuk memastikan pemerataan distribusi peserta didik dan memberikan akses yang
lebih adil bagi siswa yang tinggal di sekitar wilayah sekolah. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan yang terlibat dalam penelitian ini
berjumlah 12 orang, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Panitia PPDB, orangtua siswa,
dan siswa yang mengikuti langsung proses kebijakan sistem zonasi. Sumber data yang
digunakan terdiri dari data primer, yang diperoleh langsung dari informan, serta data
sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan
yang akan dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan
konsisten melalui berbagai saluran, seperti media sosial dan pengumuman resmi,
membantu masyarakat dalam memahami kebijakan zonasi. Ketersediaan sumber daya
manusia yang cukup dan dukungan infrastruktur, termasuk teknologi dan fasilitas
pendukung, berkontribusi besar terhadap kelancaran pelaksanaan PPDB. Selain itu,
disposisi kepala sekolah dan staf yang berkomitmen terhadap prinsip transparansi dan
keadilan turut menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi. Struktur
birokrasi yang mengikuti SOP yang jelas mempermudah prosedur administrasi dan
penanganan keluhan dari masyarakat. Secara keseluruhan, meskipun ada tantangan
terkait kapasitas dan kuota, pelaksanaan kebijakan sistem zonasi di SMP Negeri 1
Cibinong dapat dianggap berhasil, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang
memerlukan perbaikan. Namun, penerimaan siswa berdasarkan kuota dan kapasitas
menjadi tantangan dalam proses pelaksanaan sistem zonasi. Hal ini bisa menciptakan
ketidakpuasan yang lebih besar jika tidak dikelola dengan baik.
Kata Kunci : Problematika, Implementasi Kebijakan, Sistem Zonasi, PPDB, SMP
Kecamatan Cibinong

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:57
Last Modified: 28 Jul 2025 03:57
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13971

Actions (login required)

View Item View Item