KOMUNIKASI PEMASARAN STARBUCKS COFFEE MENARA FIF DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN

Evran, Marcian Emilia (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN STARBUCKS COFFEE MENARA FIF DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Starbucks Coffee Menara FIF dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Teori yang digunakan adalah teori bauran komunikasi dengan 7p, (price, promotion, place, product, people, process and Physical Evidence). Adapun konsep penelitian adalah komunikasi pemasaran dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini sudah memenuhi syarat 7p bauran komunikasi dilihat melalui harga (price) Starbucks Coffee menciptakan citra eksklusif dan premium, yang dapat menarik dan mempertahankan pelanggan yang menganggap harga sebagaipenanda kualitas dan status sosial. Promosi yang dilakukan adalah dengan mengandalkan pemasaran berbasis media sosial, seperti konten menarik di Instagram, Facebook, dan Twitter. Lewat tempat (place) yang diteliti berada di pusat-pusat keramaian atau area perkantoran. Keberadaan di lokasi -lokasiyang strategis memudahkan pelanggan untuk mengakses kedai tersebut. Produk (product) Starbucks Coffee Menara FIF juga mampu memastikan ingredient yang ada terjamin kualitasnya. Berdasarkan people (orang) Starbucks Coffee Menara FIF mampu melakukan pelayanan dengan baik tercermin dari hospitality staff yang ramah dan mengenali pelanggan secara personal sehingga membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan. Dalam proses (process) Starbucks Coffee Menara FIF mampu menjaga konsisten dalam segi waktu penyajian makanan dan minuman serta resep yang ada agar customer bisa merasakan rasa dan pengalaman produk yang sama di setiap membeli. Melalui barang bukti (physical evidence) pelanggan menganggap ambience di Starbucks sebagai tempat yang menyenangkan untuk bersantai, bekerja, atau bersosialisasi dengan teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:59
Last Modified: 08 Jan 2024 07:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item View Item