Sahra, Allif Faizah (2023) STRATEGI HUMAS RUMAH SAKIT UNIVERSITAS INDONESIA DALAM MENGELOLA KELUHAN PELANGGAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (402kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (783kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (868kB) |
Abstract
Suatu pelayanan kepada pasien yang dapat dikatakan unggul atau sangat baik, jika petugas humas mampu atau jeli untuk mengenali tentang keinginan dan kebutuhan pasien. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan keluhan pelanggan Rumah Sakit Universitas Indonesia di platform google review. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi humas Rumah Sakit Universitas Indonesia dalam mengelola keluhan pelanggan, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam menerapkan strategi humas Rumah Sakit Universitas Indonesia dalam mengelola keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan penjelasan yang jelas, tepat dan nyata, dengan menggunakan wawancara didalamnya. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa pihak Rumah Sakit Universitas Indonesia telah melakukan strategi dalam mengelola keluhan pelanggan. Strategi yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Universitas Indonesia yaitu mulai dari menentukan masalah, membuat rencana dan program, bertindak dan berkomunikasi, dan evaluasi. Hal ini sesuai dengan teori Cutlip dan Center dalam Ruslan (2010). Seluruh strategi yang digunakan oleh pihak Rumah Sakit Universitas Indonesia juga sesuai dengan model Servqual yaitu telah menjalankan dimensi tangibles, realibility, responsiveness, assurance dan emphaty. Humas Rumah Sakit Universitas Indonesia juga sudah menerapkan manajemen komplain dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:33 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:33 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8916 |
Actions (login required)
View Item |