Zhahrina, Amalia (2023) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PEMECATAN GURU HONORER USAI KRITIK RIDWAN KAMIL DI KOMPAS.COM DAN VIVA.CO.ID. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (144kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada Maret 2023, media sosial sempat dihebohkan dengan berita pemecatan salah satu guru honorer asal Cirebon yang bernama Muhammad Sabil Fadhillah setelah melontarkan kritik kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Setiap media menayangkan berita tersebut dengan sudut pandang yang berbeda, seperti Kompas.com dan Viva.co.id. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian yang dibuat Kompas.com dan Viva.co.id terhadap pemberitaan pemecatan guru honorer usai kritik Ridwan Kamil dengan menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman, yang menelaah definisi masalah, penyebab masalah, keputusan moral, dan penekanan penyelesaian di setiap pemberitaannya. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan Kompas.com memiliki framing yang berbeda dengan Viva.co.id dalam membingkai berita tersebut. Kompas.com lebih menonjolkan kesalahan Ridwan Kamil menyematkan kritik sehingga membuat Sabil dipecat dan menganggap Ridwan Kamil gagal sebagai pemimpin. Sedangkan, Viva.co.id menonjolkan kesalahan Sabil yang menggunakan kata ‘maneh’. serta kesalahan lainnya sehingga Ia dipecat karena ulahnya sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8691 |
Actions (login required)
View Item |