Heni Jusuf, - (2020) DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED BLENDED UNTUK MATA KULIAH DESAIN GRAFIS. STIMULUS PENELITIAN. (Unpublished)
Text
LAPORAN-dampak pembelajaran model Flip class room.pdf Download (1MB) |
Abstract
Flipped Classroom adalah sebuah pendekatan pedagogik dimana pembelajaran langsung dipindahkan dari ruang belajar kelompok (di dalam ruang kelas) menjadi ruang belajar individu (di Luar kelas), dengan demikian ruang kelompok ditransformasikan menjadi lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif dimana dosen membimbing mahasiswanya mengaplikasikan konsep-konsep dan terlibat dalam materi pembelajaran. Mata kuliah desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa program studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional. Kebutuhan akan strategi pembelajaran baru untuk mata kuliah desain grafis menjadi salah satu isu dalam pendidikan tinggi. Berdasarkan hal tersebut, studi ini menawarkan strategi pembelajaran berbasis flipped-blended yang didukung oleh pengunaan sosial media dan pembelajaran berbasis web base melalui webkuliah UNAS. Hasil penelitian menghasilkan tes pendahuluan dan tes akhir digunakan untuk mengukur efektivitas dari strategi pembelajaran. Terdapat perbedaan rerata tes awal (M = 54,64) dan tes akhir (M = 83,27). Kedua nilai rerata tersebut berbeda 28.63 dengan nilai p lebih kecil dari α (α =.05), yang mengindikasikan terdapat peningkatan nilai dari tes pendahuluan ke tes akhir. Selain itu ditemukan bahwa mahasiswa merasa termotivasi dengan tugas-tugas yang diberikan. Strategi pembelajaran ini juga membebaskan waktu di dalam kelas dan meningkatkan efisiensi dan kinerja mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Artikel > Teknik |
Depositing User: | BPSI Unas |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 11:43 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 11:43 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |