ALTERNATIVE HISTORY OF THE SENGOKU ERA: RELIGIOUS NARRATIVES OF OTOMO AND IKKO-IKKI CLANS IN THE VIDEO GAME TOTAL WAR: SHOGUN 2

Wawat Rahwati, - ALTERNATIVE HISTORY OF THE SENGOKU ERA: RELIGIOUS NARRATIVES OF OTOMO AND IKKO-IKKI CLANS IN THE VIDEO GAME TOTAL WAR: SHOGUN 2. Working Paper. -.

[img] Text
The 2024 ASJI International Symposium Proceedings Daffa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis narasi sejarah alternatif dalam klan Otomo dan Ikko-Ikki pada permainan Total War: Shogun 2, dengan fokus pada pembentukan identitas sosial serta interaksi melalui peran agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana agama berperan dalam membentuk identitas sosial, serta bagaimana narasi permainan merepresentasikan atau menyederhanakan interaksi politik-agama yang kompleks di era Sengoku. Menggunakan metode analisis konten, penelitian ini menemukan bahwa perbedaan agama antara klan Otomo (Kristen) dan Ikko-Ikki (Buddha Ikko-shu) dengan klan mayoritas yang beragama Shinto-Buddha menciptakan dinamika konflik yang signifikan. Dalam permainan, pemain yang memilih klan Otomo atau Ikko-Ikki harus menghadapi tantangan interaksi dengan klan mayoritas, memberikan perspektif baru terhadap narasi sejarah dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman bermain dengan perspektif agama minoritas tidak hanya memperkaya narasi tetapi juga menciptakan pengalaman strategis yang lebih kompleks dan menarik.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Artikel > Sastra
Depositing User: BPSI Unas
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:32
Last Modified: 23 Jul 2025 04:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item View Item