Rizki, Erly Nurliana (2025) INTERAKSI SIMBOLIK PADA ANAK PECANDU GAME ONLINE DALAM BERINTERAKSI SOSIAL ( Studi Kasus Pada Siswa SMPN 29 Depok). Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (2MB) |
Abstract
Fenomena pecandu game online pada anak-anak dan remaja semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pecandu game online sering kali menghabiskan waktu yang signifikan di dunia virtual, yang berdampak pada interaksi sosial mereka di dunia nyata. Salah satu dampak signifikan dari popularitas game online, terutama di kalangan siswa SMP, adalah potensi terjadinya kecanduan Sebagai pendidik juga harus mengontrol siswanya agar tidak bermain game online di lingkungan sekolah dan memberi edukasi bahwa berteman dengan yang lainnya itu penting. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis bagaimana anak-anak pecandu game online menggunakan simbol-simbol dalam game untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia virtual dan bagaimana hal ini mempengaruhi interaksi sosial mereka di dunia nyata. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini sebanyak 10 Informan dengan mempertimbangkan saturasi data. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik (George Herbeat Mead). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam game online cenderung mengalami penurunan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial, yang terlihat dari penggunaan bahasa kasar dan kecenderungan marah ketika menghadapi situasi di luar permainan. Selain itu, anak-anak lebih memilih berinteraksi melalui platform digital daripada bertemu langsung dengan teman sebaya, yang dapat memicu isolasi sosial dan mengurangi kualitas hubungan dengan orang lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Simbolik, Anak Pecandu Game Online, Berinteraksi Sosial, Siswa SMPN 29 Depok |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:30 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |