HIJRIATIN ASARI, ANISA (2025) IMPLEMENTASI FITUR JAKLAPOR PADA APLIKASI JAKARTA KINI (JAKI) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENGADUAN BERBASIS DIGITAL DI KECAMATAN TANAH ABANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (969kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (873kB) |
Abstract
Fitur Jaklapor yang berada pada Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai jenis pengaduan dan laporan terkait pelayanan publik, serta permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekitar mereka. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam hal pengungkapan data secara mendalam melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Fitur Jaklapor pada Aplikasi Jakarta kini (JAKI) dalam Meningkatkan Pelayanan Pengaduan Berbasis Digital di Kecamatan Tanah Abang. Penelitian ini menggunakan Teori George C. Edwards III tentang Implementasi Kebijakan dipengaruhi oleh empat variabel, yakni: (1) komunikasi, (2) sumberdaya, (3) disposisi, dan (4) struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses Implementasi Fitur Jaklapor pada Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang menggunakan indikator Implementasi kebijakan menurut George C, Edward III dapat disimpulan bahwa Implementasi terkait Kebijakan Fitur Jaklapor pada Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam meningkatkan Pelayanan Pengaduan Berbasis Digital di Kecamatan Tanah Abang dilihati dali indikator Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi terbilang cukup baik. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan, seperti sosialisasi yang belum merata kepada masyarakat, keterbatasan fasilitas fitur yang masih kurang optimal dan menyulitkan pengguna, serta laporan masyarakat yang tidak mendapatkan tindaklanjut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) K Law > K Law (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:04 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |