PERAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG DALAM PEMBENTUKAN KOMUNIKASI SOSIAL PADA REMAJA YANG AKTIF BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG

Raihan, Luke Azfa (2025) PERAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG DALAM PEMBENTUKAN KOMUNIKASI SOSIAL PADA REMAJA YANG AKTIF BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Game online seperti Mobile Legends: Bang Bang tidak hanya menjadi hiburan bagi remaja, tetapi juga memengaruhi pola komunikasi sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Mobile Legends dalam pembentukan komunikasi sosial pada remaja usia 15-20 tahun menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi melalui wawancara mendalam dengan lima informan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ini membantu meningkatkan keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal, terutama melalui fitur voice chat dan chat teks, sehingga pemain lebih percaya diri dalam berbicara, lebih cepat dalam merespons situasi, serta lebih terbuka dalam menjalin hubungan sosial., Mobile Legends melatih strategi komunikasi dalam kerja tim dengan mengajarkan pemain cara menyampaikan instruksi dengan jelas dan efektif.Namun, penelitian ini juga menemukan dampak negatif, seperti kecenderungan berbicara terlalu langsung tanpa memperhatikan etika komunikasi, penggunaan bahasa singkat atau kasar, serta munculnya perilaku toxic yang dapat merusak hubungan sosial. Beberapa pemain juga mengalami pergeseran pola komunikasi, di mana mereka lebih nyaman berinteraksi secara digital dibandingkan tatap muka.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Mobile Legends dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan komunikasi sosial remaja jika digunakan secara bijak. Untuk mengurangi dampak negatifnya, diperlukan kesadaran dari pemain, pengawasan dari orang tua, serta pengelolaan waktu bermain yang seimbang agar manfaat dari permainan ini dapat dioptimalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:23
Last Modified: 09 Jul 2025 07:23
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13458

Actions (login required)

View Item View Item