PENGARUH TRANSAKSI E-COMMERCE DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DENGAN KEBIJAKAN FISKAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Persepsi UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Jakarta Jagakarsa)

Hawalah, Ana (2025) PENGARUH TRANSAKSI E-COMMERCE DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DENGAN KEBIJAKAN FISKAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Persepsi UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Jakarta Jagakarsa). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh transaksi e-commerce dan kepatuhan wajib pajak terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai dengan kebijakan fiskal sebagai variabel mediasi pada UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Jagakarsa. Penelitian ini menggunakan total 110 sampel dengan metode purposive dalam penentuan sampelnya. Data penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan Partial Least Squares (PLS) dengan program aplikasi SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Transaksi E-Commerce berpengaruh negatif namun signifikan terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, variabel Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, variabel Kebijakan Fiskal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, Kebijakan Fiskal tidak dapat memediasi hubungan antara Transaksi E-Commerce dengan Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, dan Kebijakan Fiskal dapat memediasi secara parsial hubungan antara Kepatuhan Wajib Pajak dengan Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang analisis faktorfaktor yang mempengaruhi Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai dengan melihat pengaruh antara Transaksi E-Commerce dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai dengan Kebijakan Fiskal sebagai variabel mediasi. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori perpajakan, khususnya dalam konteks kepatuhan pajak dan perpajakan optimal di era digital. Hasil penelitian ini menyarankan agar pemerintah memperbarui kebijakan perpajakan yang lebih sesuai dengan perkembangan ekonomi digital dan mendorong peningkatan kesadaran pajak di kalangan pelaku usaha e-commerce. Selain itu, masyarakat dan wajib pajak diharapkan lebih memahami kewajiban perpajakan untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:26
Last Modified: 03 Jul 2025 07:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item