Putralingga, Radja Rafif (2025) Komunikasi Virtual Pemain Game Online “Mobile Legends” Di Komunitas Rb Family. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji komunikasi virtual dalam komunitas pemain game online Mobile Legends di komunitas RB Family dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pesatnya perkembangan komunikasi virtual yang dimediasi oleh teknologi dalam komunitas game online. Mobile Legends sebagai salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terpopuler di Indonesia menghadirkan ruang sosial digital yang unik, di mana komunikasi antar pemain menjadi aspek krusial dalam membangun strategi permainan dan solidaritas komunitas. Penelitian ini didasarkan pada teori Computer-Mediated Communication (CMC) yang menjelaskan bagaimana komunikasi yang dimediasi oleh komputer membentuk interaksi sosial secara virtual, serta Social Presence Theory dan Media Richness Theory yang menyoroti efektivitas komunikasi melalui berbagai media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan anggota komunitas RB Family, serta dokumentasi interaksi yang terjadi dalam game dan platform komunikasi lainnya seperti WhatsApp dan Discord. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dalam komunitas RB Family tidak hanya berfungsi sebagai alat koordinasi permainan, tetapi juga membentuk identitas kelompok dan solidaritas antaranggota. Penggunaan berbagai platform komunikasi mendukung keterlibatan pemain dan membangun hierarki komunikasi informal dalam komunitas. Simbolsimbol komunikasi seperti emotikon, istilah khusus dalam game, dan gaya bahasa yang khas memperkuat identitas kolektif komunitas ini. Namun, penelitian juga menemukan tantangan dalam mempertahankan keterlibatan anggota serta perbedaan gaya komunikasi yang dapat memengaruhi efektivitas interaksi dalam komunitas. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman komunikasi virtual dalam komunitas game online serta bagaimana teknologi dapat membentuk pola interaksi sosial secara digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:13 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |