RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SCOUT CANDRIWA BERBASIS UNITY UNTUK MENDUKUNG EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Arrianto, Mochamad Arie (2025) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SCOUT CANDRIWA BERBASIS UNITY UNTUK MENDUKUNG EKSTRAKURIKULER PRAMUKA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Game edukasi telah menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam dunia pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi berjudul Scout Candriwa menggunakan platform Unity untuk mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Pengembangan game ini memanfaatkan algoritma Finite State Machine (FSM), Navigation Mesh (NavMesh), dan A-Star (A*) untuk menciptakan pengalaman bermain yang interaktif, realistis, dan menantang. FSM digunakan untuk mengelola perilaku NPC (Non-Playable Character) seperti patroli, pengejaran, dan kembali ke jalur patroli, sementara NavMesh dan A* memastikan navigasi yang efisien dan responsif dalam lingkungan permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, peluncuran, dan pasca-produksi. Pengujian sistem dilakukan menggunakan black-box testing dan evaluasi pengguna melalui kuesioner yang melibatkan siswa pramuka tingkat penggalang di SMPN 1 Bogor. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game Scout Candriwa tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pramuka, tetapi juga membangkitkan minat mereka untuk lebih aktif dalam kegiatan kepramukaan. Dengan desain permainan yang imersif, teka-teki berbasis sandi pramuka, serta tantangan navigasi yang dinamis, game ini terbukti efektif sebagai media pembelajaran digital yang inovatif. Pengembangan lebih lanjut dapat mencakup fitur multiplayer, peningkatan kualitas grafis, serta variasi level dan tantangan agar pengalaman bermain semakin kaya dan mendalam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:08
Last Modified: 19 Jun 2025 07:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item