HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN THALASEMIA DI RS X TANGERANG SELATAN

Hasnazza, Nurrana (2025) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN THALASEMIA DI RS X TANGERANG SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan menentukan kepuasan pasien, namun data WHO (2021) menunjukkan kepuasan di Indonesia masih rendah, seperti Maluku Tengah (42,8%) dan Sumatera Barat (44,4%), di bawah standar Kemenkes RI (95%). Indeks Pelayanan Kesehatan Global 2023 menempatkan Indonesia di peringkat ke39, mencerminkan masih lemahnya infrastruktur, tenaga medis, dan sistem layanan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien thalassemia di RS X Tangerang Selatan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 58 pasien/orang tua pasien thalasemia yang dipilih dengan teknik total sampling. Pengukuran kualitas pelayanan dilakukan menggunakan kuesioner SERVQUAL, sedangkan kepuasan pasien diukur dengan kuesioner PSQ-18. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa (93,1%) orang menilai kualitas pelayanan sebagai baik dan 91,4% menyatakan puas terhadap pelayanan yang diterima. Hasil uji chi-square. menunjukkan adanya hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (p < 0,001), yang berarti semakin baik kualitas pelayanan, semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Simpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan yang baik dengan kepuasan pasien thalassemia di RS X Tangerang Selatan. Saran : RS X Tangerang Selatan perlu meningkatkan komunikasi terapeutik tenaga kesehatan, pelatihan bagi petugas administrasi, serta memperketat standar kebersihan. Evaluasi berkala jam operasional dan survei kepuasan pasien juga diperlukan untuk memastikan layanan terus berkembang sesuai kebutuhan pasien thalasemia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 Jun 2025 08:07
Last Modified: 16 Jun 2025 08:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item