Humaidi, Ilham Nurdiansyah (2024) KOMPETISI E-SPORT SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA DALAM BENTUK NATION BRANDING DI KAWASAN ASIA TENGGARA 2019 - 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (250kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitasnya dari Diplomasi Indonesia melalui eSports di Asia Tenggara serta Dampaknya kepada Diplomasi Indonesia di Asia Tenggara. eSports, yang awalnya hanya minat dan hobi, kini menjadi kompetisi yang populer, terutama di kalangan Generasi Z. Saat pandemi Covid-19, popularitas eSports meningkat karena kompetisi digitalnya. eSports memiliki potensi besar dalam diplomasi publik karena fokusnya pada pengaruh dan massa. Menurut Nicholas J. Cull dalam bukunya "Public Diplomacy: Lessons from the Past," diplomasi adalah mekanisme selain perang yang digunakan oleh aktor internasional untuk mengelola lingkungan internasional. Peneliti mencoba melihat dari Efek dan Dampak dari Diplomasi Indonesia yang melalui eSport, apa akan memberikan dampak Negatif atau Positif kepada Indonesia dan bagaimana reaksi dari Negara – negara di Asia Tenggara tersebut. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode Pengambilan data Konten Analisis. Hasil dari Penelitian ini menjelaskan daya Tarik dan Popularitas dari eSport di Asia Tenggara, dan bagaimana eSport dapat memberikan dampak positif kepada Diplomasi Publik Indonesia. Peneliti dapat mengkonfirmasikan eSport dapat digunakan sebagai alat Diplomasi Publik Indonesia bisa melalui Nation Branding serta Kolaborasi Tim E-Sport Indonesia dengan negara lain untuk mempererat Hubungan Antarnegara. Contoh sukses adalah tim eSports Indonesia seperti EVOS, RRQ, ONIC, AURA yang merupakan Tim Atlet Indonesi yang telah meraih prestasi internasional. Tidak hanya dikenal oleh Masyarakat Dunia, EVOS juga menyebarkan sayapnya dari keluar dari Indonesia sehingga EVOS memiliki Sarang tidak hanya di Indonesia tetapi Malaysia, Thailand, dan Singapura. Karena dampak positif ini, pemerintah Indonesia mulai mendukung penuh perkembangan eSports untuk diplomasi publik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:10 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12228 |
Actions (login required)
View Item |