SONKEIGO DAN KENJOUGO DALAM SERIAL JAPAN SINKS: PEOPLE OF HOPE EPISODE 1-4 KARYA HIROSHI HAHIMATO

Ningsih, Dian Suciardya (2024) SONKEIGO DAN KENJOUGO DALAM SERIAL JAPAN SINKS: PEOPLE OF HOPE EPISODE 1-4 KARYA HIROSHI HAHIMATO. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (208kB)

Abstract

Honorifik atau keigo seperti sonkeigo (bahasa hormat) dan kenjougo (bahasa merendahkan diri), memainkan peran yang sangat penting dalam komunikasi sehari-hari bagi masyarakat Jepang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ssonkeigo dan kenjougo serta menjelaskan faktor-faktor penggunaan honorifik dalam serial Japan Sinks: People of Hope episode 1-4 karya Hiroshi Hahimato. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode simak dan catat. Teori yang digunakan, yakni Koizumi (2001) untuk melihat honorifik dan Kabaya (2008) untuk melihat faktor penggunaan honorifik. Hasil analisis menunjukan mmenunjukkan bahwa penggunaan keigo jenis shijisha honi dan tai shijisha tidak selalu terbatas pada orang dengan kedudukan hierarki tinggi, tetapi juga berlaku untuk rekan kerja dan individu yang baru dikenal. Interaksi antara para tokoh mempengaruhi pentingnya menjaga hubungan agar terhindar dari kesalahpahaman. Selain itu, kedua jenis bahasa hormat dapat digunakan dalam situasi formal dan tidak formal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:24
Last Modified: 30 Sep 2024 06:24
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item