KETIDAKTEPAT PENGGUNAAN TATA BAHASA “(EUL/REUL) DAN (E/ESEO)” PADA TUGAS MENULIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA KOREA UNIVERSITAS NASIONAL ANGKATAN 2023

SAFITRI, JIHAN (2024) KETIDAKTEPAT PENGGUNAAN TATA BAHASA “(EUL/REUL) DAN (E/ESEO)” PADA TUGAS MENULIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA KOREA UNIVERSITAS NASIONAL ANGKATAN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Partikel menjadi ciri khas dari bahasa Korea karena setiap kalimat tidak lepas dari penggunaan partikel dan selalu melekat dibelakang kata benda, kata keterangan, maupun kata tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketepatan penggunaan partikel penanda objek 을/를 /-eul/-reul/ dan tempat 에/에서 /-e/-eseo/ pada essay mahasiswa program bahasa Korea Universitas Nasional angkatan 2023 sebanyak 67 orang. Penelitian ini adalah metode kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan teori partikel dari Lee Jeong Hee (2002). Dalam penelitian ini ditemukan kesalahan 대치 / daechi (pergantian/substitusi) merupakan kesalahan yang paling sering terjadi dengan total kesalahan sebanyak 12 kalimat, kemudian kesalahan kedua yang paling banyak terjadi adalah 누락 / nurak (penghilangan) dengan total kesalahan sebanyak 6 kalimat, dan terakhir kesalahan 첨가 / cheomga (penambahan) dengan total sebanyak 2 kesalahan. Partikel menjadi ciri khas dari bahasa Korea karena setiap kalimat tidak lepas dari penggunaan partikel dan selalu melekat dibelakang kata benda, kata keterangan, maupun kata tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketepatan penggunaan partikel penanda objek 을/를 /-eul/-reul/ dan tempat 에/에서 /-e/-eseo/ pada essay mahasiswa program bahasa Korea Universitas Nasional angkatan 2023 sebanyak 67 orang. Penelitian ini adalah metode kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan teori partikel dari Lee Jeong Hee (2002). Dalam penelitian ini ditemukan kesalahan 대치 / daechi (pergantian/substitusi) merupakan kesalahan yang paling sering terjadi dengan total kesalahan sebanyak 12 kalimat, kemudian kesalahan kedua yang paling banyak terjadi adalah 누락 / nurak (penghilangan) dengan total kesalahan sebanyak 6 kalimat, dan terakhir kesalahan 첨가 / cheomga (penambahan) dengan total sebanyak 2 kesalahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:47
Last Modified: 11 Sep 2024 02:58
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item