BAKRI ABIE, SUHUF MUHAMAD (2023) PELAYANAN PUBLIK DALAM PEREKAMAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KANTOR KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (486kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (920kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (451kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Masih banyaknya masyarakat yang mengeluh soal pelayanan perekaman E-KTP yang masih berbelit-belit, antrian yang panjang, belum adanya pelayanan yang baik dari pelayan publik membuat masyarakat menuntut kualitas pelayanan kepada pihak kecamatan sebagai pelayan publik. Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Tangerang No. 04 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah. Tujuan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat adalah salah satunya untuk pelaporan perekaman dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sejaun mana pelaksanaan yang diberikan bupati kepada camat untuk melakukan pelayanan perekaman E-KTP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan kemampuan perekaman E-KTP di Kecamatan Pasar Kemis. Wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi adalah beberapa pendekatan yang digunakan untuk memperoleh data. Berdasarkan temuan penelitian, pelayanan publik dalam perekaman E-KTP di Kantor Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang diperoleh kesimpulan yaitu terdapat 5 (lima) aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan, yaitu aspek bukti fisik (tangible), aspek kehandalan (reliability), Aspek daya tanggap (responsiveness), aspek jaminan (Assurance), dan Aspek empati (empathy). Terkait tantangan mengenai kualitas pelayanan Kecamatan Pasar Kemis sebagai pelayanan publik, kecamatan ini relatif berhasil karena dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik seperti sumber daya aparatur, sarana dan prasarana, kesadaran masyarakat telah ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:56 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:56 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11359 |
Actions (login required)
View Item |