ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU PENELANTARAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Maulana Putra, Adichandra Rivo (2023) ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU PENELANTARAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelantaran dalam ruang lingkup rumah tangga adalah salah satu bentuk kekerasan yang sangat banyak terjadi di Indonesia, juga menjadi salah satu kekerasan yang sangat di sepelekan dalam ruang lingkup rumah tangga. Pada Putusan Pengadilan Negeri Oelamasi Nomor 55/Pid.Sus/2021/PN Olm, merupakan contoh kasus penelantaran dalam lingkup rumah tangga sebagaimana yang dilakukan oleh Kornelius Kobis alias Nelis, menelantarkan orang dalam lingkup rumah tangga, padahal menurut hukum yang berlaku, bahwa wajib memberikan kehidupan baik Lahiriah maupun Batiniah sesuai dengan Undang-Undang Perkawinan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana penelantaran dalam rumah tangga dan bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan kepada pelaku tindak pidana penelantaran dalam rumah tangga. Dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan metode Yuridis Normatif, dengan mendapatkan data dari Putusan Pengadilan dan tinjauan berdasarkan undang-undang. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa pada Putusan Pengadilan No. 55/Pid.Sus/2021/PN Olm., hakim sebagai aspek utama dalam memberikan kepastian hukum, tidak memberikan cerminan akan sebuah keadilan kepada korban yang dalam hal ini anak-anak dari terpidana dan juga istri terpidana yang telah diterlantarkan selama kurun waktu 4 (empat) tahun, yang seharusnya hakim memberikan hukuman maksimal sesuai dengan, Pasal 49 Undang-Undang Pengahapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:33
Last Modified: 25 Jun 2024 06:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item