PENGARUH NEGATIVE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE PT. ESTEH INDONESIA DENGAN BRAND POSITIONING SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Rismawan, Reggy (2023) PENGARUH NEGATIVE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE PT. ESTEH INDONESIA DENGAN BRAND POSITIONING SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Esteh Indonesia mengeluarkan surat somasi kepada konsumen terkait ulasan ketidakpuasaan konsumen terhadap produk di Twitter menciptakan negative electronic word of mouth (negative eWOM), namun hal itu tidak serta-merta membuat masyarakat berhenti membeli produknya. Hal tersebut mungkin ditengarai oleh brand positioning yang sedari awal dilakukan Esteh Indonesia sudah cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih rinci mengenai pengaruh negative eWOM terhadap brand image PT Esteh Indonesia dengan brand positioning sebagai moderator. Teori dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi. Konsep-konsep pada penelitian ini adalah negative negative eWOM, brand positioning, brand image. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan conveniecnve sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada semua orang yang telah melihat kasus ini di Twitter dan mengetahui brand Esteh Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan variabel moderasi. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara variabel negative eWOM terhadap variabel brand image dan pengaruh positif dan signifikan antara variabel brand positioning terhadap variabel brand image. Variabel brand positioning tidak menjadi variabel yang memoderasi antara variabel negative eWOM terhadap variabel brand image

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:13
Last Modified: 20 Jun 2024 03:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item