Dinanti, Via Ardya and Samatan, Nuriyati and Haspiaini, Nurhasanah (2023) STRATEGI KOMUNIKASI VIRTUAL AKUN INSTAGRAM @ELGANGGAFM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT BEKASI. In: INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNICATION STUDIES, NEW MEDIA & SOCIAL SCIENCE, Malaysia.
Text
STARTEGI KOMUNIKASI VIRTUAL AKUN IG RADIO ELGANGGA-IJCOMAH VOL 4 JUNE 2023-Jurnal Internasional -Nurhasan.pdf Download (929kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi virtual Akun Instagram @ElganggaFM sebagai media informasi masyarakat Bekasi. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan peneliti sebagai instrument penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi (participant observation) dan wawancara mendalam (indeepth interview), dimana peneliti berinteraksi dengan sumber data. Peneliti mewawancarai 5 (lima) informan, dua orang dari pengelola akun Instagram @ElganggaFM dan 3 orang yang mengikuti secara aktif akun Instagram @ElganggaFM. Temuan Penelitian: Penelitian ini menemukan, bahwa akun Instagram @ElganggaFM digunakan sebagai bagian dari strategi pengembangan dalam memudahkan para penikmat Radio Elgangga, serta untuk memperluas pendengar terutama dari kalangan muda, yang selama ini menggunakan media Instagram secara aktif. Penggunaan media Instagram merupakan bagian dari upaya untuk mempertahankan sekaligus untuk menambah pendengar radio Elgangga FM, yang awalnya hanya menggunakan satu-satunya media yakni siaran radio yang hanya bisa didengarkan oleh audience, kini rencana siaran telah dapat diperoleh melalui Akun Instagram @ElganggaFM. Perluasan jangkauan jaringan media Elgangga FM, diharapkan akan bertambah dengan adanya konvergensi media yang dilakukan oleh pihak management Radio Elgangga FM, dengan bertambahnya pendengar dan penikmat Radio Elgangga FM di kalangan muda dan pengguna instagram aktif. Karena, dengan adanya penambahan jaringan media baru dalam menjangkau audience Radio Elgangga FM, format acara akan makin fleksibel dalam mengikuti pasar. Informan dari pengguna akun Instagram @ElganggaFM telah memberikan manfaat terutama dalam pemenuhan informasi followers. Pendengar Radio Elgangga dapat dengan segera mengetahui informasi tentang tayangan berita dari Radio Elgangga melalui Akun Instagram @ElganggaFM. Kebaruan Penelitian: Penelitian menggunakan Teori Uses and Gratification untuk mengetahui kepuasan pengguna Akun Instagram @ElganggaFM. Data diperoleh dari pengelola dan followers Akun Instagram @ElganggaFM.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Artikel |
Depositing User: | Rizky BSDM Unas |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 09:47 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11049 |
Actions (login required)
View Item |