PENGARUH FRAUD HEXAGON TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG ERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021)

Maulina, Neneng Sherly (2023) PENGARUH FRAUD HEXAGON TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG ERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecurangan laporan keuangan adalah tindakan dengan sengaja memberikan informasi yang menyesatkan dan atau memanipulasi nilai material dalam laporan keuangan untuk tujuan tertentu demi keuntungan pribadi atau untuk merugikan pihak lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fraud hexagon theory, yang diukur dengan financial stability, external pressure, financial target, state owned enterprises, ineffective monitoring, dan frequent number of CEO’s picture terhadap kecurangan laporan keuangan, dilihat dari laporan tahunan pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2017 – 2021. Penelitian ini memberi kontribusi dengan mempertimbangkan lebih banyak kondisi yang mempengaruhi kemungkinan terjadinya kecurangan. Jumlah sampel data pada penelitian ini adalah 81 perusahaan manufaktur dan jumlah total observasi 405. Analisis data menggunakan analisis Regresi Logistik dan dengan bantuan progam SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa external pressure, state owned enterprises, dan frequent number of CEO’s picture berpengaruh positif untuk melakukan kecurangan laporan keuangan. Sedangkan financial stability, financial target, dan ineffective monitoring tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial statement. Diharapkan perusahaan untuk lebih meningkatkan pengendalian atau kontrol dari perusahaan terutama dalam mengatasi kecurangan dalam laporan keuangan berdasarkan fraud hexagon theory.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: i: Fraud; Fraud Hexagon; Kecurangan Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 30 May 2024 03:03
Last Modified: 30 May 2024 03:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item