MAKROALGA Eucheuma cottonii SEBAGAI MEDIA PERTUMBUHAN JAMUR THE UTILIZATION OF MACROALGA Eucheuma cottonii AS THE FUNGI GROWTH MEDIA

HOIROH, ZIYADATUL (2023) MAKROALGA Eucheuma cottonii SEBAGAI MEDIA PERTUMBUHAN JAMUR THE UTILIZATION OF MACROALGA Eucheuma cottonii AS THE FUNGI GROWTH MEDIA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eucheuma cottonii merupakan makroalga Rhodophyta penghasil karagenan. Karagenan memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral esensial. Saat ini media komersial pertumbuhan jamur (PDA) memiliki harga yang relatif mahal sehinga perlu dilakukan penelitian media alternatif pertumbuhan jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Eucheuma cottonii sebagai media pertumbuhan jamur. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan variasi formula dengan lima pengulangan. Variasi media terdiri atas formula 1 (media makroalga murni) dan media makroalga dengan penambahan ekstrak kentang dan dekstrosa yaitu formula 2 (karagenan 75 g/L, ekstrak kentang 5 g/L dan dekstrosa 1 g/L), formula 3 (karagenan 50 g/L, ekstrak kentang 10 g/L dan dekstrosa 2 g/L) dan formula 4 (karagenan 25 g/L, ekstrak kentang 15 g/L dan dekstrosa 3 g/L). Media makroalga dan PDA diamati diameter koloni, sporulasi dan miselium yang terbentuk. Data pertumbuhan dihitung berdasarkan pertumbuhan koloni Aspergillus niger selama 7 hari. Laju pertumbuhan dari media makroalga yang dibandingkan dengan media PDA (kontrol) dianalisis menggunakan one way anova dan uji BNJ 5%. Hasil anova menunjukkan bahwa diameter koloni dan laju pertumbuhan A. niger pada media makroalga dan PDA memiliki perbedaan yang signifikan (sig. 0,000). Berdasarkan uji lanjutan BNJ 5%, tidak ada formula yang berbeda secara signifikan dengan media PDA. Berdasarkan diamterer koloni, sporulasi dan ketebalan miselium, formula terbaik untuk pertumbuhan A. niger adalah formula 3 dan 4. E. cottonii berpotensi sebagai media pertumbuhan jamur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 08:32
Last Modified: 22 May 2024 08:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item View Item