ANALISIS YURIDIS HAK EKSEKUSI KREDITUR SEPARATIS TERHADAP JAMINAN HAK TANGGUNGAN PIHAK KETIGA DALAM KEPAILITAN JURIDICAL ANALYSIS OF SEPARATIST CREDITORS EXECUTION RIGHTS ON THIRD PARTY MORTGAGE RIGHTS GUARANTEES IN BANKRUPTCY

Kurniawan, Roni (2024) ANALISIS YURIDIS HAK EKSEKUSI KREDITUR SEPARATIS TERHADAP JAMINAN HAK TANGGUNGAN PIHAK KETIGA DALAM KEPAILITAN JURIDICAL ANALYSIS OF SEPARATIST CREDITORS EXECUTION RIGHTS ON THIRD PARTY MORTGAGE RIGHTS GUARANTEES IN BANKRUPTCY. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (518kB)

Abstract

E. Isi Abstrak : Hak eksekusi kreditur separatis atas jaminan hak tanggungan pihak ketiga pelaksanaanya dijamin dalam Pasal 6 Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda Yang Berkaitan Dengan Tanah (selanjutnya disebut UUHT). Pengaruh kepailitan terhadap hak tanggungan muncul dengan adanya Pasal 56 ayat (1) Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (selanjutnya disebut UUK-PKPU) yang menyatakan bahwa hak eksekusi kreditur ditangguhkan untuk jangka waktu paling lama 90 hari. Kreditur separatis tetap dapat melaksanakan eksekusi terhadap jaminan hak tanggungan pihak ketiga dalam hal debitur dinyatakan pailit. Hal itu diatur dalam Pasal 55 ayat (1) UUKPKPU yang menyatakan bahwa kreditur pemegang hak jaminan dapat mengeksekusi haknya seolah-olah tidak terjadi kepailitan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana hak eksekusi kreditur separatis terhadap objek jaminan hak tanggungan pihak ketiga dalam hal debitur dinyatakan pailit dan Bagaimana kedudukan hukum objek jaminan hak tanggungan pihak ketiga apabila kreditur separatis tidak dapat menjual objek jaminan dalam jangka waktu 2 (dua) bulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kreditur separatis tetap dapat melaksanakan eksekusi terhadap objek jaminan hak tanggungan pihak ketiga meskipun debitur dinyatakan pailit oleh putusan pengadilan. Hak eksekusi kreditur separatis tidak tunduk pada ketentuan Pasal 59 ayat (1) dan ayat (2) yang memberikan batasan waktu dalam pelaksananaan eksekusi tersebut, karena jaminan hak tanggungan pihak ketiga bukan hak milik debitur pailit dan berada diluar kepailitan atau tidak termasuk harta pailit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 17 May 2024 07:16
Last Modified: 17 May 2024 07:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item