PENGGUNAAN CHATGPT DAN TANTANGAN ETIKA AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI : STUDI KASUS PADA MAHASISWA JAKARTA SELATAN

PUTRI, ADINDA AMELYA (2024) PENGGUNAAN CHATGPT DAN TANTANGAN ETIKA AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI : STUDI KASUS PADA MAHASISWA JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pesat teknologi kecerdasan buatan berdampak pada paradigma pembelajaran, terutama melalui platform seperti ChatGPT. Penelitian ini sendiri mengeksplorasi pengalaman mahasiswa di Jakarta Selatan mengenai penggunaan ChatGPT dalam kegiatan akademik dan mengidentifikasi tingkat dan tantangan etika akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dan menekankan efisiensi dalam memenuhi tenggat waktu dan mengatasi instruksi yang tidak jelas. Proses pengambilan keputusan melibatkan interaksi antara tindakan rasionalitas instrumental dan berorientasi nilai, dengan mahasiswa yang mempertimbangkan nilai-nilai intrinsik dan norma akademik. Dalam memahami tindakan rasionalitas instrumental, mahasiswa menekankan efisiensi penggunaan ChatGPT sebagai solusi praktis untuk menyelesaikan tugas akademisnya. Namun selain itu, mereka juga sangat mempertimbangkan nilai-nilai yang mendasari integritas akademik, etika, dan moralitas. Penelitian ini berfokus pada dilema etika dan menekankan perlunya menjaga keseimbangan antara efisiensi dan integritas. Mahasiswa sendiri diingatkan untuk bisa memandang teknologi tidak hanya sebagai alat, tetapi juga sebagai sarana pengembangan diri dalam lingkungan pendidikan yang dinamis. Temuan-temuan ini menyoroti pentingnya menyelaraskan penggunaan teknologi dengan nilai-nilai yang mendasari keberhasilan akademis jangka panjang dan pertumbuhan individu, sambil tetap terhubung dengan landasan etika dan moral di diunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:33
Last Modified: 01 Apr 2024 07:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item