EVALUASI PROGRAM LAYANAN APLIKASI SILONDO BERMULA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK

Azka, Adellia Safarina (2024) EVALUASI PROGRAM LAYANAN APLIKASI SILONDO BERMULA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (839kB)

Abstract

Sistem Layanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok Bersih, Mudah, dan Lancar (SILONDO BERMULA) adalah sebuah sistem layanan online yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok untuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan layanan administrasi kependudukan dan mendukung Kota Depok dalam rangka perwujudan Cyber City. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pelaksanan Silondo Bermula yang masih ditemukan permasalahan, yakni banyaknya mobilisasi masyarakat yang melakukan pindah datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok, informasi pelayanan pindah datang melalui Silondo Bermula belum tersosialisasikan secara merata, masih ditemukan masyarakat yang mengajukan permohonan berkas pelayanan pindah datang secara tradisional, serta sulitnya mengakses sistem layanan online Silondo Bermula pada pelayanan pindah datang akibat kendala pada server. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi Pelayanan pindah datang pada Aplikasi Silondo Bermula di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kriteria evaluasi menurut William Dunn (dalam Hayat, dkk 2018). Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelayanan pindah datang pada Silondo Bermula sudah cukup terlaksana dari segi efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Namun, pada penerapannya dalam dimensi efektivitas masih belum maksimal sebab masih terdapat kendala pada Silondo Bermula yang sering kali crash serta responsivitas pegawai yang masih belum maksimal. Dapat disimpulkan kembali bahwa evaluasi dari pelayanan pindah datang pada Silondo Bermula ialah sudah terlaksana namun belum bisa dilakukan dengan optimal. Kata Kunci : Evaluasi, Silondo Bermula, Cyber City, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:32
Last Modified: 14 Mar 2024 07:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9869

Actions (login required)

View Item View Item