PENGARUH PELATIHAN DIGITAL MARKETING TERHADAP DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

Putri, Tria Diva Anugrah (2024) PENGARUH PELATIHAN DIGITAL MARKETING TERHADAP DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi fokus utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dari suatu negara. Transformasi bisnis melalui pemasaran online menjadi suatu keharusan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing para Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jakarta selatan sebagai salah satu pusat bisnis utama Indonesia, memiliki lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif. Maka dari itu Usaha Kecil dan Menengah di wilayah ini perlu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren digital marketing guna memperkuat posisinya dalam pasar yang semakin global. Fenomena yang terjadi dalam belakangan ini justru menunjukan bahwa masih banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang belum paham mengenai cara memanfaatkan teknologi untuk strategi pemasaran. Akibatnya mereka tidak dapat bersaing dengan para Usaha Kecil Menengah (UKM) lainnya yang sudah dapat beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara Pelatihan Digital Marketing terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Hal ini dapat dilihat dengan hasil nilai uji t yang menunjukan bahwa t hitung sebesar 8,185 > t tabel 1,660. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang mengatakan “Pengaruh Digital Marketing terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jakarta Selatan” diterima. Adapun kontribusi Pelatihan Digital Marketing mempengaruhi Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah sebanyak 40,6%. Sedangkan sisanya 59,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel independen dalam penelitian. Kata Kunci : Pelatihan Digital Marketing, Usaha Kecil dan Menengah, Daya Saing

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:18
Last Modified: 14 Mar 2024 07:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item