KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MELALUI APLIKASI JAKSEHAT (STUDI PADA PUSKESMAS KECAMATAN KRAMAT JATI) TAHUN 2023

Marliana, Icha (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MELALUI APLIKASI JAKSEHAT (STUDI PADA PUSKESMAS KECAMATAN KRAMAT JATI) TAHUN 2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang paling mengakar dalam pemenuhan kebutuhan publik. Hal tersebut, karena kesehatan termasuk ke dalam faktor penting dalam Indeks Pembangunan Manusia yang menggambarkan sejauh mana tingkat kualitas hidup penduduk dari suatu negara. sebagaimana yang telah diamanatakan dalam Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 bahwa tiap-tiap Instansi Pemerintah diminta untuk mengembangkan kemampuan melalui pemanfaatan kemajuan teknologi dalam aktivitas pelayanan publik. Transformasi digital sesuai dengan prinsip E-Government yang diadopsi ke dalam sektor kesehatan tak lain adalah sebagai upaya dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas secara efisien dengan melalui inovasi digital berupa kanal website, aplikasi, hingga sistem pelayanan kesehatan. DKI Jakarta menepati urutan pertama sebagai daerah provinsi terpadat di Indonesia dengan kepadatan penduduk mencapai 15.978 jiwa/km².Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menghadirkan sebuah aplikasi yang diberi nama JAKSehat dalam rangka memudahkan akses dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan masih terdapat banyak keluhan pada pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan Kramat jati terkait antrean meskipun telah terintegrasi dengan aplikasi JAKSehat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi JAKSehat pada Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif dengan melakukan Tringulasi data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan teori E-GovQual oleh Papadomichelaki & Mentzas (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keunggulan fitur e-registrasi pada aplikasi JAKSehat dalam pelaksanaanya telah banyak membawa manfaat sekaligus meningkatkan aksesibilitas pada Puskesmas Kecamatan Kramat Jati juga sangat membantu mempersingkat dan meringkas proses masyarakat dalam mendapatkan antrean dengan memberikan sistem kuota dan jadwal antrean. Namun sayangnya, masih sering terjadi kesalahpahaman dari masyarakat terkait teknis akibat kurangnya keterangan jelas pengelompokan keluhan penyakit serta rentang usia masyarakat pada tiap-tiap poli di dalam fitur E-Registrasi JAKSehat membuat proses antrean menjadi sedikit lebih lama karena kelengkapan data pada form pendaftaran harus diperbaiki kembali oleh petugas Puskesmas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:29
Last Modified: 14 Mar 2024 02:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9753

Actions (login required)

View Item View Item