STRATEGI MEMBANGUN CITRA POSITIF THE SOUNDS PROJECT PROMOTOR KONSER

Amri, Khairul (2023) STRATEGI MEMBANGUN CITRA POSITIF THE SOUNDS PROJECT PROMOTOR KONSER. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (843kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi yang digunakan oleh The Sounds Project sebagai promotor konser musik dalam membangun citra positif. The Sounds Project dipilih sebagai subjek penelitian karena memiliki karakteristik unik sebagai promotor musik yang berasal dari lingkungan kampus dan berhasil berkembang menjadi skala nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengungkap dan menganalisis strategi yang diimplementasikan oleh The Sounds Project. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih informan, yang terbagi menjadi informan kunci dan informan pendukung. Teori yang menjadi dasar analisis adalah The Excellence Theory yang dikemukakan oleh James Grunig dan Hunt, yang mencakup empat model komunikasi: Press Agentry, Public Information, Two-way Asymmetric, dan Two-way Symmetric. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh The Sounds Project telah mencapai keberhasilan yang memuaskan dalam membangun citra positif. Bukti dari hal ini dapat dilihat melalui akun Instagram resmi The Sounds Project, di mana tiket acara mereka hampir habis terjual. Meskipun beberapa fenomena festival musik yang gagal belakangan ini tidak berdampak signifikan pada The Sounds Project, hal ini dapat diatribusikan pada kemampuan mereka dalam menangani permasalahan yang muncul dalam acara The Sounds Project Vol 5 dengan baik. Salah satu faktor kunci keberhasilan adalah penerapan praktik-praktik public relations yang efektif, termasuk tanggung jawab sosial dan upaya edukasi kepada publik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh The Sounds Project dalam membangun citra positif terbukti cukup efektif dalam menjaga reputasi dan popularitas mereka di kalangan penikmat musik dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: The Sounds Project, Promotor Music, Strategi Citra Positif, The Excellence Theory
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:07
Last Modified: 11 Dec 2023 04:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9144

Actions (login required)

View Item View Item