Aryono, Rezky Dewinta (2023) Analisis Semiotik Makna Pesan Motivasi Pada Lirik Lagu "Epiphany" Karya Jin BTS (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB III .pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Download (156kB) |
|
Text
LAMPIRAN (Dapus, Hasil Turnitin, Riwayat Hidup).pdf Download (267kB) |
Abstract
Fenomena lagu menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan pencipta lagu kepada pendengarnya sebagai alat untuk menyampaikan suatu pesan. Pesan yang dituangkan melalui ekspresi, gagasan dan pemikiran dengan melalui proses penggunaan tanda pesan tersurat dan tersirat, seperti mendengarkan lagu dan memahami lirik lagunya. Salah satu boyband asal Kores Selatan, yaitu BTS memiliki lagu yang sering menyuarakan pesan motivasi di dalam lagunya, salah satu lagu yang dinyanyikan solo oleh anggotanya, yaita Jin BTS berjudul "Epiphany." Berhubungan dengan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan motivasi yang terkandung pada lirik lagu Epiphany menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan juga menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure, yang bertujuan untuk menemukan makna ada yang tersembunyi dibalik sebuah tanda. Dari 6 bait yang diteliti dalam penelitian ini, teridentifikasi bahwa dalam lirik lagu Epiphany karya Jin BTS mengandung makna pesan motivasi mancinta din sendiri. Mencintai diri yang dimaknai menghargai pilihan hidupnya sendiri tanpa harus menjalani hidup dengan mengikuti standar dan penilaian orang lain. Menjadikan diri sendiri sumber dari kebahagiannya dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang pribadi manusia miliki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:19 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:20 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8880 |
Actions (login required)
View Item |