Rinaldi, Muhamad Ilham (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES & DECISION TREE. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover (Cover Judul, Lembar Pengesahan, Lembar Orisinalitas, Lembar Persetujuan, Kata Pengantar, Dafta_compressed.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) |
|
Text
Lampiran (Daftar Pustaka, Daftar Lampiran, Hasil Turnitin).pdf Download (271kB) |
Abstract
Aplikasi transportasi berbasis teknologi kini sudah melekat dan menjadi satu hal penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Gojek, sebagai salah satu pelopor aplikasi transportasi online di Indonesia telah mengubah cara pandang masyarakat terhadap transportasi yang semula konvensional kini sudah menjadi Online dan serba praktis terutama di Ibukota Jakarta. Oleh karena itu penting untuk menganalisis sentimen pengguna aplikasi terkait untuk mengetahui kepuasan mereka terhadap aplikasi Gojek. Dengan menggunakan dari metode Naïve Bayes & Decision Tree untuk klasifikasi sentimen yang dibagi menjadi 3 kelas yaitu positif, netral, dan negatif hingga tahap mendapatkan accuracy, recall, precision. Dataset diambil dari data tweet Twitter yang di ambil melalui command prompt dengan tool node JS dengan kata kunci “Aplikasi Gojek”, “#Gojek”, dan “Gojek” dataset yang di dapatkan sebanyak 1508 data dengan membagi 80% data latih dan 20% data uji. Hasil dari penelitian ini mendapatkan prosentase labeling data negatif sebesar 15,15% , data netral sebesar 80,27% , dan data positif sebesar 4,58%. Sehingga dapat di tarik kesimpulan dari polarity komentar Twitter penelitian ini masuk kategori “tidak puas”, ini dapat menjadi acuan kepada aplikasi gojek untuk meningkatkan pelayanan agar lebih baik. Hasil akurasi pada algoritma Decision Tree sebesar 80,70% sedangkan untuk algoritma Naïve Bayes sebesar 66,92%. Implementasi dari hasil penelitian Analisis Sentimen terhadap kepuasan pengguna aplikasi Gojek ini di terapkan dalam bentuk halaman dashboard website streamlit menggunakan bahasa python.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:47 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:47 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8796 |
Actions (login required)
View Item |