IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DAN KMEAN DALAM PENJUALAN B2C PRODUK TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AGILE

Pratama N, M Adam Raditya (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DAN KMEAN DALAM PENJUALAN B2C PRODUK TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AGILE. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRANN_compressed.pdf

Download (94kB)

Abstract

Dengan kemajuan teknologi pada bidang bisnis dimanfaatkanlah internet sebagai alat untuk pembelian dan penjualan. B2C (Business To Customer) merupakan proses bisnis yang ramai di era serba digitalisasi. Pembuatan sistem ECommerce juga dilakukan oleh PT. Telkomsat dengan penjualan produk telekomunikasi yang sebelumnya transaksi dilakukan oleh konsumen secara langsung datang ke perusahaan yang bertempat di Jakarta, serta media promosi masih menggunakan media sosial dan juga brosur yang dibagikan kepada khalayak ramai. Dalam menjawab kebutuhan perusahaan maka dibuatlah sistem implementasi algoritma apriori dan k-mean dalam penjualan B2C produk telekomunikasi dengan metode agile. Selain konsumen dapat melakukan pembeluah produk dengan mudah, sistem juga dapat memberikan layanan informasi kepada konsumen lebih luas dan nantinya akan berpengaruh pada daya jual produk telekomunikasi. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan kombinasi 2 algoritma yaitu Apriori dan K-Means dimana keduaanya saling berkaitan dan menghasilka sistem yang ideal untuk proses bisnis B2C. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode Agile, adapun untuk perancangannya menggunakan Flowchart dan Use Case. Pembangunan web menggunakan bahasa pemrogrmana MySQL dan PHP sebagai media basis data. Pengujian sistem yang telah dibuat menggunakan GTMetrix yang memiliki hasil performa C, dengan skor performa yang dihasilkan 68% dan tentunya akan lebih disempurnakan lagi, serta menggunakan pengujian LoadImpact dalam waktu 6 menit terdapat 3.206 request dengan respone time 899 permintaan dibuat dengan kecepatan rata-rata 13.33 permintaan/detik dan tidak ada permintaan yang gagal dibuat. pengujian tersebut dengan menggunakan 3.206 user dengan batas waktu 6 menit. Dari pengujian tersebut didapat hasil Implementasi algoritma apriori dan k-mean dalam penjualan b2c produk telekomunikasi dengan metode agile adalah sebagai sarama aktivitas pembelian, penjualan yang memudahkan pemasaran, dan layanan atas produk dan jasa yang ditawarkan melalui jaringan komputer, sistem ini membantu dalam proses membantu pelaporan barang, yaitu laporan penjualan produk, dan sistem yang telah dibuat berguna juga untuk menaikkan jumlah pembelian dengan menggunakan promosi didalam sistem serta mengetahui produk yang paling diminati oleh konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:39
Last Modified: 03 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item View Item