APLIKASI UJIAN ONLINE UNTUK SMA PKP JIS DENGAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LGC) BERBASIS WEB

Gunadi, Heru (2023) APLIKASI UJIAN ONLINE UNTUK SMA PKP JIS DENGAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LGC) BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (162kB)

Abstract

Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah. Ujian yang dilakukan di sekolah pada umumnya masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan menggunakan kertas dan alat tulis, serta penilaian ujian masih dilakukan secara langsung oleh guru. Di era perkembangan teknologi informasi yang saat ini semakin pesat, beberapa sistem yang masih konvensional sudah mulai tergantikan menjadi sistem yang terkomputerisasi. Layanan pendidikan seperti ujian, beberapa sekolah telah beralih menerapkan sistem online. Saat ini, Pemerintah mewajibkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi sekolah setingkat SLTA (SMA/SMK/MA). Selain itu, ujian sekolah yang standar nasional yang dikenal sebagai USBN, juga sudah sebagian menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer. Saat ini, SMA PKP JIS masih menggunakan metode konvensional dalam pelaksanaan ujian, yang dianggap kurang efisien dan efektif mengingat perkembangan teknologi saat ini. Proses pembuatan soal ujian, penggandaan soal, evaluasi, dan pengisian jawaban masih dilakukan secara manual dengan kertas dan alat tulis, yang menghadirkan berbagai kendala seperti biaya yang tinggi, kehilangan lembar jawaban siswa, serta risiko kebocoran soal yang kemungkinan besar dapat terjadi. Maka, penelitian ini akan membuat sebuah aplikasi ujian online dengan metode Linear Congruential Generator berbasis website. Aplikasi ujian online berbasis Algoritma LCG berhasil dibangun untuk SMA PKP JIS. Metode LCG sebagai pengacakan soal memungkinkan ujian lebih efisien dan mengurangi penggunaan kertas. Pengujian blackbox menunjukkan aplikasi berfungsi baik. Solusi alternatif bagi ujian konvensional, meningkatkan kualitas dan efisiensi pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:39
Last Modified: 31 Oct 2023 07:39
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8694

Actions (login required)

View Item View Item