Gunadi, Heru (2023) APLIKASI UJIAN ONLINE UNTUK SMA PKP JIS DENGAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LGC) BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (303kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (111kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (162kB) |
Abstract
Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah. Ujian yang dilakukan di sekolah pada umumnya masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan menggunakan kertas dan alat tulis, serta penilaian ujian masih dilakukan secara langsung oleh guru. Di era perkembangan teknologi informasi yang saat ini semakin pesat, beberapa sistem yang masih konvensional sudah mulai tergantikan menjadi sistem yang terkomputerisasi. Layanan pendidikan seperti ujian, beberapa sekolah telah beralih menerapkan sistem online. Saat ini, Pemerintah mewajibkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi sekolah setingkat SLTA (SMA/SMK/MA). Selain itu, ujian sekolah yang standar nasional yang dikenal sebagai USBN, juga sudah sebagian menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer. Saat ini, SMA PKP JIS masih menggunakan metode konvensional dalam pelaksanaan ujian, yang dianggap kurang efisien dan efektif mengingat perkembangan teknologi saat ini. Proses pembuatan soal ujian, penggandaan soal, evaluasi, dan pengisian jawaban masih dilakukan secara manual dengan kertas dan alat tulis, yang menghadirkan berbagai kendala seperti biaya yang tinggi, kehilangan lembar jawaban siswa, serta risiko kebocoran soal yang kemungkinan besar dapat terjadi. Maka, penelitian ini akan membuat sebuah aplikasi ujian online dengan metode Linear Congruential Generator berbasis website. Aplikasi ujian online berbasis Algoritma LCG berhasil dibangun untuk SMA PKP JIS. Metode LCG sebagai pengacakan soal memungkinkan ujian lebih efisien dan mengurangi penggunaan kertas. Pengujian blackbox menunjukkan aplikasi berfungsi baik. Solusi alternatif bagi ujian konvensional, meningkatkan kualitas dan efisiensi pendidikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 07:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 07:39 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8694 |
Actions (login required)
View Item |