RESTRUKTURISASI BIROKRASI DAN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DI DIREKTORAT JENDERAL BINA PEMBANGUNAN DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI TAHUN 2020-2022

Fitriani, Tri Ivatul (2023) RESTRUKTURISASI BIROKRASI DAN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DI DIREKTORAT JENDERAL BINA PEMBANGUNAN DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI TAHUN 2020-2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Dalam menghadapi perkembangan globalisasi yang membuka ruang lingkup antar negara, perlu adanya peningkatan daya saing negara melalui efisiensi pemerintahan. Kondisi pemerintahan Indonesia yang inefisiensi dengan birokrasi yang gemuk dan panjangnya tingkatan hierarki, dilakukan reformasi birokrasi melalui restrukturisasi birokrasi dan pengembangan kelembagaan untuk mewujudkan birokrasi agile yang adaptif dan tanggap terhadap perubahan. Dalam mewujudkan hal tersebut, Ditjen Bina Pembangunan Daerah melaksanakan 4 (empat) komponen, yaitu penyederhanaan struktur menjadi 2 (dua) layer, penyetaraan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional, pengelolaan kinerja, dan penyesuaian sistem kerja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan restrukturisasi birokrasi dan pengembangan kelembagaan di Ditjen Bina Pembangunan Daerah serta mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan melalui pendekatan induktif. Hasil penelitian dalam restrukturisasi birokrasi dan pengembangan kelembagaan di Ditjen Bina Pembangunan Daerah belum mewujudkan birokrasi agile secara optimal, meskipun sudah ada faktor pendorong berupa regulasi yang memayungi, tetapi terdapat faktor penghambat yang substansial berupa restrukturisasi birokrasi yang dilaksanakan secara parsial, sehingga terdapat keberagaman struktur unit organisasi dan perubahan mekanisme kerja yang belum optimal karena belum adanya job description yang mendetail terkait tugas pejabat fungsional hasil penyetaraan, kurangnya peran dan komitmen pimpinan dan SPBE yang belum siap digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Tesis dan Disertasi > Sekolah Pasca Sarjana > Program Studi S2 Ilmu Administrasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:38
Last Modified: 31 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item