KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) MELALUI APLIKASI SAMSAT MOBILE JAWA BARAT (SAMBARA) DI KANTOR SAMSAT CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Maruf, Muhamad Firman (2023) KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) MELALUI APLIKASI SAMSAT MOBILE JAWA BARAT (SAMBARA) DI KANTOR SAMSAT CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi dibuat oleh Bapenda atas dasar permasalahan permasalahan yang sering terjadi di Kantor Samsat seperti antrian yang cukup panjang diloket, ada nya calo dilingkungan samsat yang meresahkan masyarakat. Aplikasi masih terdapat kendala yang dikeluhkan masyarakat seperti aplikasi masih terjadi error, aplikasi ini masih mengharuskan masyarakat untuk datang ke samsat, dan masih banyak masyarakat yang belum mau menggunakan aplikasi sambara ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Aplikasi SAMBARA dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan teori E-GovQual menurut Papadomichelaki dan Mentzas dan menggunakan 6 Indokator Kemudahan (Ease of use), Kepercayaan (trust), Kehandalan (Reability) Fungsi Interakasi Lingkungan (Functionality of interaction environment), Isi dan tampilan (Content and appearance), Dukungan Warga (Citizen Support). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengamati secara langsung (observasi), wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian Aplikasi SAMBARA ini hanya memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran pajak kendaraan saja dapat dilihat dari segi kemuhadan akses menggunakan Aplikasi Sambara ini hanya ada pada smartphone yang berbasis android saja, aplikasi ini juga masih ketergantungan dengan jaringan internet dan, meski proses pembayarannya cukup cepat namun aplikasi ini masih mengharuskan masyarakat untuk datang ke Samsat untuk melakukan pengesahan STNK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:29
Last Modified: 30 Oct 2023 03:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item