EVALUASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI SMP NEGERI 19 DEPOK

Wahyuningtyas, Astri Febrianti (2023) EVALUASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI SMP NEGERI 19 DEPOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di SMP Negeri 19 Depok untuk dapat memudahkan masyarakat khususnya peserta didik dan orang tua dari peserta didik dalam mendapatkan pelayanan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi, yaitu kurangnya sosialisasi yang diberikan mengenai prosedur penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi, masih terdapat kekhawatiran orang tua akan tidak diterimanya anak mereka dan motivasi anak untuk belajar menjadi menurun dengan diterapkannya sistem zonasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di SMP Negeri 19 Depok dalam mendukung pemerataan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilihat dari 6 (enam) dimensi, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di SMP Negeri 19 Depok sudah cukup terlaksana dalam mendukung pemerataan kualitas pendidikan. Namun, pada pelaksanaannya masih belum maksimal dimana masih cukup banyak masyarakat yang belum mendapatkan sosialisasi mengenai prosedur pelaksanaan PPDB sistem zonasi dan masih adanya beberapa kendala yang dialami masyarakat dalam penggunaannya. Sehingga, dapat disimpulkan kembali bahwa evaluasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di SMP Negeri 19 Depok adalah sudah terlaksana namun belum dilakukan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:55
Last Modified: 26 Oct 2023 03:55
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8551

Actions (login required)

View Item View Item