RAHMITADIANI, RINDANG KIRANA (2023) DEIKSIS PERSONA DAN WAKTU DALAM FILM DAMBO. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam berbahasa, seringkali terjadi kendala dalam memahami makna suatu percakapan yang akhirnya mengakibatkan kesalahpahaman. Hal ini lebih sering terjadi ketika bahasa yang digunakan bukanlah bahasa utama dari pembicara. Maka dari itu, dibutuhkan identifikasi konteks sebagai cara memahami makna untuk menghindari kesalahpahaman dalam percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang jenis serta penggunaan deiksis persona dan waktu dalam film Dambo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori deiksis dari Levinson (1983). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat dengan mengambil sumber data dari percakapan dalam film Dambo yang ditonton melalui aplikasi Catchplay. Hasil tuturan akan di identifikasi sesuai jenis deiksis dengan melihat dimana, kepada siapa dan situasi seperti apa yang terjadi saat tuturan berlangsung. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 386 data deiksis, dengan 291 data deiksis persona dan 95 data deiksis waktu dari film Dambo. Deiksis yang paling banyak muncul pada film Dambo adalah deiksis persona orang pertama yaitu na (나) dan deiksis persona orang kedua yaitu neo (너). Sedangkan data deiksis waktu yang paling banyak muncul adalah jigeum (지금).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:01 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:01 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8460 |
Actions (login required)
View Item |