KOMUNIKASI KRISIS SITUASIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI LEMBAGA

Auliansyah, Muhammad Wiki (2023) KOMUNIKASI KRISIS SITUASIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI LEMBAGA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi) - Copy.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran, Lembar awal hasil turnitin) - Copy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi krisis situasional dalam mempertahankan Reputasi Lembaga Otoritas Jasa Keuangan pusat dilihat dari perspektif Situational Communication Crisis Theory (SCCT). Dengan menggunakan teori SCCT yang dicetuskan oleh Timothy W. Coombs dan Holladay S.J. terdiri atas 3 unsur yakni, (1)Penanggung jawab krisis pertama (Initial Crisis Responsibility), (2)Sejarah krisis (Crisis History), dan (3)Reputasi organisasi sebelumnya (Prior Relational Reputation). Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada unsur Initial Crisis Responsibility, respon yang diberikan oleh masyarakat terhadap krisis yang dialami OJK dianggap sebagai krisis yang bersifat accident atau tanpa kesengajaan, sehingga persepsi masyarakat tidak terlalu negaitf. Pada unsur crisis history OJK telah menangani banyak pinjol ilegal dengan upaya pemblokiran. Pada unsur Prior Relational Reputation, OJK telah melakukan upaya sosialisasi dan edukasi pada masyarakat secara langsung dan melalui media sosial, website resmi, serta kanal youtubenya agar masyarakat terhindar dari pinjol ilegal. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi krisis yang diterapkan oleh OJK telah dilakukan sesuai dengan teori SCCT. Peneliti menyarankan agar OJK memanfaatkan media mainstream dan media sosial dengan lebih maksimal agar menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Disarankan masyarakat untuk berperan aktif dan bersikap kritis dalam menggunakan produk jasa keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:49
Last Modified: 28 Dec 2023 07:46
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7990

Actions (login required)

View Item View Item