STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KEMENTERIAN PERTANIAN RI DALAM MENGKAMPANYEKAN KOMANDO STRATEGI PEMBANGUNAN PERTANIAN (KOSTRATANI)

A Yusra Alfin Muhammad, Yusra (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KEMENTERIAN PERTANIAN RI DALAM MENGKAMPANYEKAN KOMANDO STRATEGI PEMBANGUNAN PERTANIAN (KOSTRATANI). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
cover alfin yusra-1-15.pdf

Download (559kB)

Abstract

Kementerian Pertanian (Kementan) RI telah mencanangkan Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yaitu gerakan pembaharuan pembangunan pertanian nasional berbasis TIK yang ditetapkan melalui Permentan RI No. 49 tahun 2019 dengan basis Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan (Kostratani). Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan peningkatan kesejahteraan petani melalui tiga program strategis.3 Ketiga program ini adalah penyediaan layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR), program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) dan pembentukan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (KostraTani). “Ketiganya harus saling terkait demi terwujudnya kesejahteraan petani, program KUR adalah program strategis yang diperuntukan untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian dari hulu ke hilir melalui akses yang lebih mudah. Program ini diharapkan mampu menopang dan memperkuat potensi pertanian di daerah-daerah. dengan menggunakan metode baru, yaitu metode Kerangka Sampel Area (KSA) yang merupakan teknik pendekatan penyampelan yang menggunakan area lahan sebagai unit enumerasi. Sistem ini berbasis teknologi sistem informasi geografi (SIG), penginderaan jarak jauh. Humas memiliki peranan penting dalam setiap lembaga karena humas menjadi salah satu strategi dalam membentuk citra perusahaan baik itu citra positif maupun citra negatif. Dalam membentuk citra suatu lembaga, humas biasanya memiliki relasi yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Public Relations dan untuk mengetahui bagaimana hambatan-hambatan Public Relation di Bagian Humas kementerian pertanian ri dalam mengkampanyekan komando strategi pembangunan pertanian (kostratani) serta dalam membentuk citra yang baik maupun amanah. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi Public Relations di Bagian Humas kementerian pertanian ri dalam mengkampanyekan komando strategi pembangunan pertanian (kostratani) adalah dengan melaksanakan dua komunikasi adalah komunikasi internal dan komunikasi external.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:26
Last Modified: 21 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item View Item