Ihsannudin, Sidik (2023) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SUMBER INFORMASI WISATA KULINER JAKARTA BAGI WISATAWAN. MEDIA BINA ILMIAH, 17 (6). pp. 1133-1142. ISSN 1978-3787
Text
238 - Published Version Download (39kB) |
Abstract
Media sosial adalah sarana komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan karena memuat konten-konten menarik dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Media sosial YouTube dapat digunakan oleh wisatawan untuk mencari informasi mengenai pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media sosial YouTube efektif sebagai sumber informasi wisata kuliner Jakarta bagi wisatawan. Penelitian ini menggunakan mixed method dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Jumlah narasumber pada penelitian ini sebanyak 41 orang. Terdapat sebanyak 32 narasumber yang mengisi kuesioner dan 9 narasumber yang penulis wawancarai. Penulis mewawancarai 9 orang narasumber dengan kriteria kelompok usia 20-40 tahun dan memiliki pengalaman wisata kuliner di Jakarta dengan memanfaatkan YouTube sebagai sumber informasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media sosial YouTube dianggap efektif dalam memberikan informasi. Hadirnya media sosial YouTube sangat memudahkan para wisatawan untuk mencari informasi wisata kuliner yang ada di Jakarta karena terdapat beragam konten-konten mengenai rekomendasi tempat kuliner yang menarik. Selain itu YouTube juga sangat praktis dan mudah diakses melalui smartphone.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Artikel > Ekonomi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:14 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7577 |
Actions (login required)
View Item |