EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SUMBER INFORMASI WISATA KULINER JAKARTA BAGI WISATAWAN

Authors

  • Sidik Ihsannudin Universitas Nasional
  • Liliana Dewi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i6.238

Keywords:

Media Sosial, YouTube, Sumber Informasi, Wisata Kuliner, Wisatawan

Abstract

Media sosial adalah sarana komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan karena memuat konten-konten menarik dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Media sosial YouTube dapat digunakan oleh wisatawan untuk mencari informasi mengenai pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media sosial YouTube efektif sebagai sumber informasi wisata kuliner Jakarta bagi wisatawan. Penelitian ini menggunakan mixed method dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Jumlah narasumber pada penelitian ini sebanyak 41 orang. Terdapat sebanyak 32 narasumber yang mengisi kuesioner dan 9 narasumber yang penulis wawancarai. Penulis mewawancarai 9 orang narasumber dengan kriteria kelompok usia 20-40 tahun dan memiliki pengalaman wisata kuliner di Jakarta dengan memanfaatkan YouTube sebagai sumber informasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media sosial YouTube dianggap efektif dalam memberikan informasi. Hadirnya media sosial YouTube sangat memudahkan para wisatawan untuk mencari informasi wisata kuliner yang ada di Jakarta karena terdapat beragam konten-konten mengenai rekomendasi tempat kuliner yang menarik. Selain itu YouTube juga sangat praktis dan mudah diakses melalui smartphone.

Author Biographies

Sidik Ihsannudin, Universitas Nasional

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Liliana Dewi, Universitas Nasional

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Anggareta, S. F., Octaviany, V., & Achmad, S. H. (2020). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Kuliner Cibadak Culinary Night dan Sudirman Street Bandung 2019. e-Proceeding of Applied Science, 6(1), 411-418.

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137-144.

Anwar, H. E., & Dirgahayu, R. T. (2018). Klasifikasi Sumber Informasi Online Pada Konteks Pariwisata Indonesia. CITISEE 2018, 9-12.

Atmadi, G., & Sepang, N. R. (2018). Media Komunikasi dan Kebutuhan Informasi Pariwisata Indonesia. Journal of Tourism and Creativity, 2(2), 84-103.

Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2022). Analysis of Twitter Social Media Framing in the New Normal Era (Case Study of Malang City Tourism Promotion). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11784-11798.

Farida, E., & Setyowibowo, S. (2018). Sistem Informasi Wisata Kuliner Berbasis Web Sebagai Media Promosi Kuliner Di Kota Malang. Jurnal Teknologi Informasi, 9(1), 63-72.

Haryono, G., & Albetris. (2022). Peranan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-Tourism Marketing untuk Meningkatkan Niat Berkunjung Wisatawan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 136-143.

Herlina, O. (2021). Komunikasi Pemasaran Pariwisata melalui E-Tourism. Prosiding Manajemen Komunikasi, 7(1), 256-261.

Hervina, Evi (2020) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Dan Kualitas Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir (Survei Pada Organisasi Perangkat Daerah (Opd) Pemerintah Kota Bandung). Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Ihsannudin, S., Nugraha, R. N., & Chotimah, T. H. (2022). Penerapan Bauran Pemasaran Pada Teraskita Hotel Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 314-322.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Luthfi, W. (2021, Juli 05). Dipetik Oktober 22, 2022, dari goodnewsfromindonesia.id: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/07/05/mantap-hampir-seluruh-netizen-indonesia-adalah-pengguna-youtube

Luthfi, W. (2021, Agustus 19). Dipetik Oktober 22, 2022, dari goodnewsfromindonesia.id: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/08/19/deretan-konten-youtube-paling-sering-ditonton-netizen-indonesia-film-dan-musik-jadi-favorit

Mangkey, H., Rindengan, Y., & Tulenan, V. (2016). E-Tourism Kota Tomohon Menggunakan HTML5. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(4), 60-70.

Maranisya, U., & Sanny, S. (2022). Efektivitas Metaverse Tourism Sebagai Sarana Promosi Wisata Alam Hiu Paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2811-2820.

Ma'ruf, A. R., & Putra, D. K. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Personal Branding Joko Widodo Pada Pemilih Pemula Pemilu 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 15(2), 1-18.

Mularsari, A. (2022). Potensi Wisata Kuliner dan Motivasi Wisatawan Di Kota Depok Jawa Barat Tahun 2019. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(1), 148-169.

Nugroho, S. P., & HD, I. P. (2020). Gastronomi Makanan Khas Keraton Yogyakarta Sebagai Upaya Pengembangan Wisata Kuliner. Jurnal Pariwisata, 7(1), 52-62.

Parantika, A., & Jenica, G. (2022). Pelestarian dan Pengembangan Makanan Khas Kampung Ciharahas Mulyaharja sebagai Destinasi Wisata Kota Bogor. Journal of Tourism and Economic, 5(1), 63-76.

Pradini, G., Agustiani, F., & Kusumaningrum, A. P. (2022). Analysis the Attractions and Facilities of Marandang Traditional Culinary Festival against the Motivation of Visitors in Padang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 8400-8413.

Pradini, G., Latif, B. S., & Amalia, I. S. (2022). Analisis Dampak Ekonomi Kegiatan Pariwisata di Perkampunngan Budaya Betawi Setu Babakan Selama Pandemi Covid-19. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2821-2835.

Prasetyani, I., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Pengaruh Sumber Informasi, Keamanan, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 10(2), 91-104.

Putri, A. A., Tahyuddin, D., & Husin, A. (2018). Sumber-Sumber Informasi Wisata Edukasi di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 18-32.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Kholid, M. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Sketsa Bisnis, 6(1), 13-21.

Saeroji, A., & Wijaya, D. A. (2017). Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(1), 13-27.

Sari, D. M., & S, A. (2020). Media Informasi Website pada Wisata Kuliner Panganan Khas Mandar. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 627-274.

Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51-60.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2018). Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 6 Buku 1. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.

Sinangjoyo, N. J., & Damasdino, F. (2018). Pemanfaatan Travel Writing Sebagai Sumber Informasi Bagi Wisatawan Nusantara. Jurnal Media Wisata, 16(1), 740-747.

Soeswoyo, D. M., Dewi, L., & Asaparini, P. S. (2018). Promosi Melalui Media Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Peranannya dalam Pariwisata Kota. Jurnal Pariwisata, 5(2), 159-168.

Suharto. (2019). Minat Kunjungan Wisatawan Museum Gunungapi Merapi. Media Wisata, 17(1), 94-102.

Sunaki, F., Rukiah, & Christiani, L. (2015). Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Wisatawan Di Tourist Information Center Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).

Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 7(1), 1-10.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles