PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI KEDAI MANE KOPI

Yudatara, Etsa (2023) PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI KEDAI MANE KOPI. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (906kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial dalam dunia digital ini berguna dalam menciptakan brand image. Melalui media Instagram pengguna dapat berkreativitas menggunakan fitur yang tersedia sehingga lebih menarik. Brand image berkaitan dengan keyakinan, persepsi dan memperkenalkan produk dalam proses terbentuknya brand image. Berkembangnya industri makanan dan minuman dibidang kopi menjadi tren dari banyaknya brand coffee shop saat ini. Berdasarkan riset dari DataReportal, pengguna media sosial mencapai 68,9 persen dari jumlah penduduk Indonesia dan pengguna Instagram sebesar 35,7 persen. Dengan banyaknya audiens media sosial Instagram dan toko online, maka penjualan melalui Instagram berpotensi membangun brand image. Sehingga, penelitian ini menjelaskan pemanfaatan media Instagram Kedai Mane Kopi dalam membangun Brand Image. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah 3 narasumber yaitu Manager Kedai Mane Kopi KA sebagai Key informan, Head Mane Creative PR sebagai Informan, dan konsumen Kedai Mane Kopi AF sebagai Informan kedua. Pada penelitian ini penulis menggunakan tiga teori, yaitu pemanfaatan menurut Deni Darmawan, media baru menurut Terry Flew dan brand image menurut Kotler. Menggunakan teori tersebut hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media Instagram yang dilakukan Kedai Mane Kopi telah menghasilkan adanya taktik dalam penggunaan media Instagram. Penggunaan media Instagram memudahkan dalam menjangkau audiens serta memudahkan proses pembentukan brand image. Pembentukan brand image pada media Instagram dengan cara mengunggah foto dan video yang disertai dengan penggunaan fitur-fitur yang tersedia dapat memberikan gambaran kepada audiens mengenai produk atau brand pada Kedai Mane Kopi. Maka dari itu, Media Instagram terbukti efektif dalam meningkatkan brand image dibuktikan dengan review positif yang diberikan audiens atau konsumen melalui fitur Instagram stories.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:51
Last Modified: 04 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item