ANALISIS PENGARUH BERAT DAN KESEIMBANGAN PADA PESAWAT BOEING 737-300 PK-MYY MASKAPAI PENERBANGAN MY INDO AIRLINES

Ramadhan, Gilang (2022) ANALISIS PENGARUH BERAT DAN KESEIMBANGAN PADA PESAWAT BOEING 737-300 PK-MYY MASKAPAI PENERBANGAN MY INDO AIRLINES. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menimbang pesawat adalah tugas penting yang dilakukan secara teratur diseluruh organisasi pemeliharaan penerbangan di seluruh dunia. Berat dan pusat gravitasi pesawat memiliki dampak yang signifikan terhadap stabilitas dan kinerja selama pengoperasian pesawat. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengamanatkan bahwa sebuah pesawat harus selalu memiliki laporan berat dan keseimbangan terkini yang tersedia dan dalam arsip.Setiap perubahan yang dilakukan pada pesawat selama kegiatan pemeliharaan reguler atau tak terduga, seperti pemasangan avionik baru atau pengecatan ulang pesawat, memerlukan penimbangan. Proses perhitungan tersebut dilakukan untuk mengetahui letak center of gravity pada pesawat dan perhitungan ini dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah di tentukan. Hasil dari perhitungan tersebut antara lain mengetahui letak center of gravity pada pesawat Boeing 737-300 setelah dilakukannya proses perhitungan dalam mengetahui letak center of gravity maka hasil yang di dapati adalah Weight Empty = 67,838.51 Lbs (30770 Kg), CG MAC % = 5.8%, dan Balance Arm (BA) = 633.41. Hasil tersebut merupakan jumlah dari perhitungan dari masing masing bagiannya. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat diketahui letak center of gravity pada pesawat Boeing 737-300 yang dimana hasilnya memenuhi standar atau sesuai dengan manual book aircraft Boeing 737-300 yaitu dengan batas limit beban maksimum = 47627 Kg, limit center of gravity mac % = 5% - 26 %, dan limit balance arm (BA) atau body station (BS) yaitu di antara 540 inch sampai dengan 727 inch. Sehingga hal tersebut dapat menjadi acuan dalam penentuan letak center of gravity pada pesawat Boeing 737-300.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknik dan Sains > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:06
Last Modified: 23 Jun 2023 02:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item