Strategi Komunikasi Pengelola Podcast dalam Mempertahankan Engagement Pendengar (Studi Kasus pada Program Berizik di Aplikasi Noice)

Nurislamy, Sulthon (2023) Strategi Komunikasi Pengelola Podcast dalam Mempertahankan Engagement Pendengar (Studi Kasus pada Program Berizik di Aplikasi Noice). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran, Lembar awal hasil turnitin.pdf

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Strategi Komunikasi Pengelola Podcast dalam Mempertahankan Engagement Pendengar (Studi Kasus pada Program Berizik di Aplikasi Noice). Riset ini memfokuskan tentang Strategi komunikasi program berizik dalam mempertahankan engagement pendengar di aplikasi noice dengan menggunakan teori new media. Hal itu di latar belakangi dengan konvergerensi media lama ke media baru dari noice yang semulanya aplikasi audio streaming beralih menjadi audio on demand yang bisa didengarkan kapan pun dan dimana pun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi podcast berizik dalam mempertahankan engagement pendengar di aplikasi Noice. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Berizik berdasarkan unsur strategi komunikasi adalah 1. mengenal khalayak berizik dimulai dari umur 16-30 tahun, memilih host sesuai dengan target pendengar, 2. Menentukan pesan dengan cara riset melalui survei turun langsung ke lapangan, tema genre yang diciptakan di noice harus sesuai dengan target pendengar, formula supaya engagement pendengar berizik bertahan dengan cara membawakan tema sesuai request dari pendengar seperti membaca komentar di aplikasi noice, 3. Strategi menetapkan metodenya yaitu tayang semingggu dua kali, menjadikan pendengar Community Base dengan membuat grup di Telegram, dan keterikatan antara kreator, premis tema bahasan, dan development yang baik dapat mempengaruhi engagement pendengar, 4. Seleksi penggunaan medianya yaitu tayang di Aplikasi Noice dan Youtube, 5. Faktor penghambat noice yaitu dari engagement pendengar dan di evaluasi oelh tim strategi, tim marketing, dan tim produk perusahaan, sedangkan pada Berizik faktor penghambatnya dari sisi kreativitas dan tekhnis, faktor pendukung berizik datang dari pendengar dan juga Noice itu sendiri. Kata Kunci:Strategi Komunikasi, Program konten podcast berizik di aplikasi Noice, Engagement pendengar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:26
Last Modified: 22 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item