KAMPANYE BERPERSEPEKTIF JENDER DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Tagar #Berbagiperan Di Akun Instagram @asha_puan)

Widjanarko, Diba Ivanna (2023) KAMPANYE BERPERSEPEKTIF JENDER DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Tagar #Berbagiperan Di Akun Instagram @asha_puan). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, lembar penjang, kata pengantar, daftar isi).pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Dafpus, lampiran lampiran, hasil turnitin).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalis bagaimana kampanye berpresepektif jender pada tagar #BerbagiPeran di akun Instagram (@asha_puan). Dengan menggunakan teori Kampanye Rogers dan Storey, terdiri atas kampanye product oriented, candidate oriented, dan ideological oriented. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye product oriented dinyatakan dalam caption kesetaraan jender dalam perkerjaan domestik dan publik yang dibagikan oleh tagar #BerbagiPeran. Unsur ini ditemukan dari adanya kesamaan topik yang mendasari pesan kampanye #BerbagiPeran. Unsur candidate oriented dalam kampanye #BerbagiPeran terlihat dari adanya caption oleh para tokoh dari Yayasan Pulih yang melakukan kampanye berpersepektif jender. Kandidat tersebut merupakan pihak yang kerap dijadikan sebagai sumber pesan kampanye melalui tagar #BerbagiPeran dan sekaligus menjadi modelling tentang kesetaraan jender. Unsur ideological oriented pada kampanye #BerbagiPeran terletak pada berbagai gerakan yang dilakukan oleh pengurus dan peserta yang terlibat dalam tagar #BerbagiPeran sesuai dengan ideologi kesetaraan jender dan menggerakan unsur – unsur feminsime bersepektif jender. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kampanye berpersepektif jender di media sosial yang dilakukan oleh Asha Puan melalui tagar #BerbagiPeran telah memenuhi teori kampanye seperti yang disarankan oleh Rogers dan Storey. Peneliti menyarankan agar para penggiat kesetaraan jender dapat melakukan kampanye dengan berbagai media yang berbeda, baik dilakukan di media mainstream dan media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:00
Last Modified: 21 Jun 2023 04:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item