STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT JASA MARGA (PERSERO) TBK DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI TRAVOY (TRAVEL WITH COMFORT AND JOY)

Nugroho, Muhammad Daffa (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT JASA MARGA (PERSERO) TBK DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI TRAVOY (TRAVEL WITH COMFORT AND JOY). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi humas PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam mensosialisasikan aplikasi Travoy berlandaskan pada pemahaman tahap penyusunan strategi komunikasi dari Anwar Arifin (mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi penggunaan media). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari dua orang dari divisi Public Relations of Communication & Engagement Section Head dan Media Relation & Promotion Section Head. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengenal khalayak merujuk kepada khalayak umum yang disebabkan pengguna jalan sangat beragam dan karena lingkup market yang terdapat dari aplikasi Travoy ini cukup besar. Dalam menyusun pesannya humas menyampaikan kegunaan dari aplikasi Travoy serta keunggulan dari fitur- fitur yang terdapat didalam aplikasi tersebut. Humas dalam menetapkan metode ini merujuk kepada fungsi dari marketing & communication dan diturunkan menjadi agenda setting serta editorial plan. Lalu tahap terakhir yaitu humas dalam seleksi penggunaan media memanfaatkan media sosial, press release, campaign, dan juga event-event. Dapat disimpulkan bahwa humas PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam menjalankan tugasnya dinilai sudah berhasil menjalankan fungsi humas dengan baik. Hal tersebut terbuktikan dengan keberhasilan dalam mensosialisasikan aplikasi Travoy berdasarkan pendekatan aspek-aspek tahap menyusun strategi komunikasidari pemahaman Anwar Arifin. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Sosialisasi, Aplikasi Travoy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:09
Last Modified: 19 Jun 2023 02:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6857

Actions (login required)

View Item View Item